clock

Senin, Maret 02, 2009

Hati-Hati Aplikasi Pencuri di Login Mulai Bertebaran


foto berita artikel

Lagi-lagi Facebook menjadi incaran phisher. Untuk itulah, pihak Facebook memperingatkan kepada pengguna situs jejaring social atau situs pertemanan populer tersebut untuk berhati-hati terhadap aplikasi dari luar atau pihak ketiga (third party) yang dibuat oleh hacker. Aplikasi tersebut biasanya berbentuk program hoax yang ditujukan untuk menipu user dan akan mencuri detail login pengguna Facebook.

Aplikasi tersebut berjudul “F a c e b o o k - closing down!!!” yang kemudian mengirimkan email palsu untuk user. Pihak perusahaan keamanan, Sophos, mengatakan bahwa aplikasi tersebut mengklaim dirinya dengan kata-kata “for violating our Terms of Service”. Pesan tersebut juga dilanjutkan dengan “This is your official warning! - Click here to find out why you were reported!”.

“Fans Facebook tersebut memang tidak meragukan Term of Service yang dimiliki Facebook, dan penyerangan terbaru ini didesain untuk mengambil keuntungan dari kepercayaan user.” ungkap konsultan teknologi senior di Sophos, Graham Cluley.  Peringatan tersebut datang sehari setelah sejumlah user melakukan komplain kepada situs social networking tersebut, karena mereka telah men-download program “Error Check System” yang kemudian mengirimkan pesan ke teman user, dan mengklaim bahwa si user memiliki problem untuk melihat profile mereka.

“Salah satu faktanya adalah Facebook memperbolehkan siapa saja untuk membuat aplikasi, dan aplikasi dari third party tidak akan diperiksa sebelum si pembuat aplikasi mempublikasikannya. Sehingga walaupun Facebook menemukan aplikasi yang bermasalah, maka aplikasi lainnya akan sering muncul seperti jamur yang bertebaran dengan nama yang berbeda.” ungkap Sophos. Sementara menurut Facebook, pihaknya akan segera menghapus aplikasi tersebut, namun aplikasi ‘jahat’ lainnya juga muncul, seperti “My Account” dan “Reported For Rule Breaking” yang kini masih beredar di Facebook.

sumber : BeritaNET.com 

0 komentar:

Posting Komentar